Peranan Perpustakaan Dalam Pengembangan Literasi Pada Pengelola Perpustakaan Sekolah Di Kabupaten Buleleng

  • I Wayan Mudana Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menkonstruksikan peranan perpustakaan dalam pengembangan literasi pada generasi muda. Kegiatan ini dilaksanakan pada guru-guru SD di Kabupaten Bulelenmg dengan memaparkan dua materi pokok yang membahas tentang peranan perpustakaan dalam pengembangan literasi, baik dalam kaitannya dengan pengembangan literasi dasar baca dan tulis maupun dalam kaitannya dengan pengembangan literasi data, teknologi dan literasi kemanusiaaan. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk ceramah dan diskusi yang bersifat konstruktif. Kegiatan ini berlangsung dengan baik sesuai dengan rencana dan peserta sangat antusias mengikutinya. Peserta menyatakan sangat tertarik dan telah mengalami perluasan wawasan tentang peranan perpustakaan dalam pengembangan literasi. Sehingga dapat dijadikan sebagai acuan model penguatan peranan perpustakaan dalam pengembangan literasi di sekolah masing-masing.

References

Artana, I Ketut. 2018. Upaya Mengoptimalkan Peran Perpustakaan Sekolah Melalui Pengelolaan Yang Profesional. Makalah yang disajikan dalam Kegiatan P2M Jurusan D3 Perpustakaan , FHIS, Undiksha pada tanggal 16 November 2018 di SD Negeri 3 Bungkulan, Buleleng.
Yasa, I Nyoman. 2018. Peran dan Upaya Pengembangan Literasi Informasi Perpustakaan Sekolah dasar Pada Era Disrupsi. Makalah yang disajikan dalam Kegiatan P2M Jurusan D3 Perpustakaan , FHIS, Undiksha pada tanggal 16 November 2018 di SD Negeri 3 Bungkulan, Buleleng.
Hanan, Djayadi. 2018. Berebut Milenial. Jakarta: Kompas, Selasa, 28 Agustus 2018.
Heriyanto, Pawit M. Yusuf dan Agus Rusmana. 2013. Makan dan Penghayatan Profesi Pustakawan. Studi Fenomenologi Terhadap Para Pustakawan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol.1/No.2. Desember 2013. Universitas Kristen Maranatha. Bandung.
Husni, Emir Mauludi dan Fatulloh, Agus. 2016. Kategorisasi Pengguna Internet di Kalangan Pelajar SD dan SMP dengan Metode Twostep Cluster, SNATi, Yogyakarta, Agustus https://media.neliti.com/media/publications/113943-ID-kategorisasi -pengguna-internet-di-kalang.pdf. Diakses tanggal 14 November 2018.Mempengaruhi Kesejahteraan Petani Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(4), 1513–1546.
Published
2019-02-01
How to Cite
MUDANA, I Wayan. Peranan Perpustakaan Dalam Pengembangan Literasi Pada Pengelola Perpustakaan Sekolah Di Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 26-29, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1607>. Date accessed: 26 may 2019.