Supremasi Hukum Dalam Membangun Sistem Peradilan Berbasis Perlindungan Hukum Dan Keadilan

  • Eti Mul Erowati Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto

Abstract

Supremasi hukum adalah upaya atau kiat untuk menegakkan dan memposisikan hukum pada tempat yang tertinggi dari segala-galanya, menjadikan hukum sebagai komandan atau panglima untuk melindungi dan menjaga stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegara.Tujuan hukum pada prinsipnya meliputi 3 unsur pokok yaitu : Hukum itu bertujuan untuk mencapai keadilan; Kepastian hukum dan Kegunaan. Sistem peradilan berbasis perlindungan hukum dan keadilan. Makna sistem peradilan berbasis perlindungan hukum dan keadilan merupakan sebuah sistem beracara di pengadilan yang didasari dan dijiwai oleh semangat untuk membantu pencari keadilan agar berhasil memperoleh keadilan, menyelamatkan mereka dari kegagalan memperoleh keadilan atau memperoleh keadilan secara tidak halal, dan memberi apa yang dibutuhkan pihak-pihak yang terkait dalam perkara, meskipun yang bersangkutan tidak meminta atau tidak mengetahui atau bahkan mungkin tidak menghendaki, demi mewujudkan keadilan berdasarkan Ketuhanan YME secara nyata, sesuai amanat konstitusi 1945. Hakim pemeriksa perkara diberi amanat untuk menjalankan tiga prinsip misi proses peradilan berbasis perlindungan hukum dan keadilan yaitu : Aktif membantu pencari keadilan agar berhasil memperoleh keadilan; Aktif melakukan penemuan hukum demi mewujudkan keadilan berdasarkan Ketuhanan YME; Aktif memberi jaminan hukum untuk kemudahan eksekusi.

References

Aljan Abdullah, Erfani, 2017, Pembaharuan Hukum Perdata Islam Praktik dan Gagasan, UII Pres, Yogyakarta.
Arto, A.Mukti, 2017, Penemuan Hukum Islam Demi Mewujudkan Keadilan,Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Hermawan, Charles, 2003, Hukum Sebagai Panglima, Buku Kompas, Jakarta.
Manan, Abdul, 2009, Aspek-aspek Pengubah Hukum, Iriyanto A. Baso Ence, 2008, Negara Hukum dan Hak Uji Konstitusionalitas Mahkamah Konstitusi Telaah Terhadap Kewenangan Mahkamah Konstitusi, P.T Alumni Bandung, Bandung.
Kartohadiprojo, Soediman, 1974, Pengantar Tata Hukum Di Indonesia, PT Pembangunan, Jakarta.
Purbasari, Indah, 2017, Hukum Islam Sebagai Hukum Positif Di Indonesia, Penerbit Setara Press, Malang Jatim.
Syarifuddin, Amir, 1993, Pembaharuan Pemikiran Dalam Hukum Islam, Angkasa Raya, Padang http://supremasihukum-helmi.blogspot.com/.
Published
2019-02-01
How to Cite
EROWATI, Eti Mul. Supremasi Hukum Dalam Membangun Sistem Peradilan Berbasis Perlindungan Hukum Dan Keadilan. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 50-57, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1610>. Date accessed: 26 may 2019.