Strategi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Di Kabupaten Buleleng, Bali

  • I Putu Ananda Citra Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di wilayah pesisir Kabupaten Buleleng dengan tujuan 1) mendeskripsikan potensi sumberdaya pesisir, 2) Menganalisis strategi pemberdayaan masyarakat untuk pengelolaan sumberdaya pesisir Kabupaten Buleleng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survai didukung dengan metode observasi. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptifkualitatif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Sumberdaya pesisir di Kabupaten Buleleng yang meliputi: (1) sumberdaya hayati yaitu potensi perikanan dan terumbu karang, (2) sumberdaya buatan yaitu dermaga dan (3) sumberdaya jasa-jasa lingkungan yaitu keindahan terumbu karang, atraksi lumba-lumba dan pemandangan sunset sebagai potensi ekowisata. 2) Strategi pengembangan sumberdaya pesisiruntuk pemberdayaan masyarakat pembudidayaan ikan, pelestarian terumbu karang, pelatihan peningkatan pelayanan wisata, penyediaantempat pelelangan ikan, pengadaan modal dan kerjasama bagi usaha-usaha masyarakat dalam membuat kerajinan tangan, penegakan hukum atau awig-awig beserta sanksi, memberikan batasan masuknya produk perikanan dari luar daerah.

References

Baiquni, M. 2010. Pariwisata Berkelanjutan dalam Pusaran Krisis Global. Denpasar: Udayana University Press.
Efendi, Sofian dan Singarimbun, Masri. 1987. Metode Penelitian Survai. Yogyakarta: LP3ES.
Pendit. 2002. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramitha.
Rangkuti, Frenddy. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sutrisno, Endang, 2014. “Implementasi pengelolaan Sumberdaya Pesisir Berbasis Pengelolaan wilayah Pesisir Secara Terpadu Untuk Kesejahteraan Nelayan (Studi di Perdesaan Nelayan Cangkol Kelurahan Lemahwungkuk Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon)”. Jurnal Dinamika Hukum, Volume 14, Nomer 1.
Western, David. 1995. Ekoturisme: Petunjuk Untuk Perencanaan & Pengelolaan. Jakarta: The Ecotourism Society North Benington, Vermont.
http://www.bulelengkab.go.id/index.php/pariwisata/19/Wisata-Alam Diakses tanggal 15 April 2018.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.
Published
2019-02-01
How to Cite
CITRA, I Putu Ananda. Strategi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Di Kabupaten Buleleng, Bali. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 67-77, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1612>. Date accessed: 20 mar. 2019.