Pembelajaran Sejarah Berbasis Kepahlawanan Sebagai Model Ideal Manusia Indonesia Yang Berkarakter

  • I Wayan Putra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pembelajaran sejarah memiliki posisi yang strategis dalam rangka pengembangkan karakter bangsa. Karakter positif yang terdapat dalam materi sejarah penting untuk terus dikembangkan. Nilai penting itu salah satunya nilai kepahlawanan yang diwariskan oleh para pahlawan bangsa ini ketika memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Semangat perjuangan ini perlu untuk terus dihidupkan kembali dalam rangka membentuk karakter para generasi muda. Hal ini penting sebab karakter itu adalah sebuah hal yang membutuhkan proses dan model yang ideal sebagai panutan dalam implementasinya di masyarakat. Para pahlawan itulah salah satu model yang paling pantas di tengah jarangnya model ideal yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

References

Abdullah, Taufik. 1985. Sejarah Lokal di Indonesia: Kumpulan Tulisan. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Budiyono, Kabul.2007. Nilai-nilai Kepribadian dan Kejuangan Bangsa Indonesia, Bandung : Alfabeta.
Kaswardi, EM. K.1993. Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000. Jakarta : PT. Grasindo Widiasarana Indonesia.
Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah Teaching of History.(penerjemah Purwanto dan Yovita Hardiwati). Jakarta: PT Gramedia.
Kuntowijoyo. 2005. Metodelogi Sejarah edisi kedua. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Maarif, Ahmad Syafii 1989. “Menggugat Toynbee”, dalam Eksponen, edisi 5 Maret 1989.
Mulyana,E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Mulyasa,E. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Pageh, I Made dan Nengah Bawa Atmadja. 2010. Sejarah dan Kerarifan Lokal Bunga Rampai Persperktif Baru Pengajaran Sejarah. Singaraja: FIS UNDIKSHA.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Rajawali Pers.
Soedjatmoko.1986. Dimensi Manusia dalam Pembangunan, Jakarta: LP3ES
Suryo, Djoko. 2011. “Pengembangan Kajian Sejarah dalam Kurikulum SLTA” Makalah, disampaikan pada acara seminar nasional di Pascasarjana UNS, tahun 2011.
Walsh, W.H.1967. Philosophy of History : An Introduction. New York: Harper and Row Publisher.
Widja, I Gde. 1989. Sejarah Lokal. Suatu Persepektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Dirjendikti.
Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Published
2019-02-01
How to Cite
YASA, I Wayan Putra. Pembelajaran Sejarah Berbasis Kepahlawanan Sebagai Model Ideal Manusia Indonesia Yang Berkarakter. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 96-104, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1615>. Date accessed: 26 may 2019.