Membentuk Karakter Kebangsaan Manusia Indonesia Melalui Pendidikan Sejarah

  • Ruslan Ruslan Universitas Syiah Kuala
  • Winar Sagita Universitas Syiah Kuala

Abstract

Karakter kebangsaan merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh tiap orang, khususnya manusia Indonesia. Salah satu cara untuk menanamkan nilai-nilai tersebut adalah dengan melakukan pendekatan yang universal melalui pendidikan sejarah. Di dalam pendidikan sejarah, karakter kebangsaan tersebut dapat diintegrasikan dalam pembelajaran yang menarik minat semua orang. Pendidikan sejarah berperan dalam membentuk karakter karena pendidikan sejarah memiliki arti strategis dalam membangun ingatan kolektif ihwal peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Meskipun demikiankita juga harus mempertimbangkan beberapa faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi proses tersebut.

References

Azwar, Saifuddin. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan, Hamid. (2012, Januari). Pendidikan Sejarah Uuntuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita Vol. 22, No. 1: 1-130.
Kartodirjo, Sartono. (1993). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.
Lubis, Mochtar. (1978). Manusia Indonesia. Jakarta: Yayasan Idayu.
Naim, Ngainun. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter (Wawasan, Strategi dan Langkah Praktis). Jakarta: Erlangga.
Undang-Undang Dasar 1945.
Published
2019-02-01
How to Cite
RUSLAN, Ruslan; SAGITA, Winar. Membentuk Karakter Kebangsaan Manusia Indonesia Melalui Pendidikan Sejarah. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 113-118, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1617>. Date accessed: 26 may 2019.