Pelatihan Dan Pendampingan Pengembangan Dan Implementasi Asesmen Otentik RPP Pada Guru-Guru Sejarah Dan IPS Di Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng

  • Tuty Maryati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Sedana Arta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nengah Bawa Atmadja Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Aryana Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Tujuan dari Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Otentik ini adalah untuk: (1) meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru-guru IPS dan Sejarah di Kecamatan Seririt tentang berbagai perangkat asesmen, (2) meningkatkan wawasan dan keterampilan guru-guru IPS dan Sejarah di Kecamatan Seririt dalam mengembangkan instrumen evaluasi asesmen otentik dalam pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPS dan Sejarah, dan (3) meningkatkan wawasan dan keterampilan guru-guru IPS dan Sejarah dalam mengimplementasikan instrument asesmen otentik dalam proses pembelajaran IPS dan Sejarah. Pelatihan dan pendampingan penyusunan instrument asesmen otentik ini dilakukan dengan dua metode secara sinergis, yaitu: metode diklat dan pendampingan/supervisi kelas. Metode diklat digunakan untuk meningkatkan pengetahun dan wawasan tentang hakekat penilaian dalam kurikulum 2013 dan cara pengembangan instrumen asesmen otentik dalam pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPS dan Sejarah sesuai dengan kurikulum 2013. Sedangkan metode supervisi kelas digunakan untuk mengevaluasi guru-guru SMP, SMA, SMK, MA dalam mengimplementasikan instrumen evaluasi asesmen otentik dalam pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPS dan Sejarah. Hasil pelatihan menunjukkan: (1) wawasan dan pengetahuan guru-guru IPS dan Sejarah di Kecamatan Seririt tentang berbagai perangkat asesmen mengalami peningkatan signifikan setelah mengikuti pelatihan, (2) wawasan dan keterampilan guru-guru IPS dan Sejarah di Kecamatan Seririt dalam mengembangkan instrumen evaluasi asesmen otentik dalam pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPS dan Sejarah mengalami peningkatan signifikan setelah mengikuti pelatihan, dan (3) wawasan dan keterampilan guru-guru IPS dan Sejarah dalam mengimplementasikan instrument asesmen otentik dalam proses pembelajaran IPS dan Sejarah mengalami peningkatan signifikan setelah mengikuti pelatihan.

References

Budiningsih, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Pemerintah Kabupaten Bangli. (2011). Bangli dalam Angka. Bangli: Pemda Bangli.
Dantes, Nyoman, dkk. (2008). Pengembangan Perangkat Evaluasi Proses dan Hasil Belajar IPS dan PKn (laporan penelitian) Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Djohar. (2003). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah
Kejuruan. (Disertasi, tidak diterbitkan). Bandung: PPS UPI.
Hasan. (1992). An Evaluation of the 1975 General Senior Secondary Social Studies Curriculum Implementation in Bandung Municipality. Disertasi Doctor dari Macquary University. Tidak diterbitkan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Standar Nasional Pendidikan.
Jakarta: BPP.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Kurikulum
2013. Jakarta: Kemendikna
Lasmawan, W. (2010). Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual- Empirik. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
MaLaughin. (1987). Implementing of ESEA Title I. New York: Columbia University.
Miller, J. and Wayne S. (1985). Curriculum: Perspective and Practice. New York:
Longman.
Nana, S. (2005). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek Tahun: Bandung: RoSMP, SMA, SMK, Makarya.
Surapranata. (2006). Penilaian Portofolio. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : PT. Remaja RoSMP, SMA, SMK, MAakarya.
Suastika. (2006). Strategi Kebijakan Mewujudkan Singaraja Sebagai Kota
Pendidikan (Laporan Penelitian). Singaraja: Undiksha.
Tayibnapis. (2000). Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta
Published
2019-02-01
How to Cite
MARYATI, Tuty et al. Pelatihan Dan Pendampingan Pengembangan Dan Implementasi Asesmen Otentik RPP Pada Guru-Guru Sejarah Dan IPS Di Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 119-128, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1618>. Date accessed: 26 may 2019.