Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Narkotika Di Indonesia Perspektif Kebijakan Hukum Pidana

  • Vivi Ariyanti Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Abstract

Penyalahgunaan narkotika telah menjadi masalah nasional. Bahkan dunia internasional memberi perhatian serius. Betapa tidak, penyalahgunaan narkotika mampu menimbulkan kerusakan fisik, mental hingga merusak kehidupan sosial. Penanggulangan tindak pidana narkotika melalui kebijakan hukum pidana akan menjadi konsen penelitian ini. Permasalahan penelitian yakni bagaimana sejarah pembentukan peraturan perundangan-undangan yang mengatur tentang narkotika di Indonesia dan bagaimana upaya penanggulangan tindak pidana narkotika di Indonesia ditinjau dari kebijakan hukum pidana. Setelah melalui proses yang cukup panjang, pengaturan tindak pidana narkotika dalam peraturan perundangan-undangan di Indonesia, diatur melalui Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. Kebijakan dalam menanggulangi kejahatan narkotika dalam undang-undang tersebut memilah penyalahgunaan narkotika bagi diri sendiri yang tanpa hak dan melawan hukum, penyalahgunaan narkotika terhadap orang lain secara tanpa hak dan melawan hukum, dan pengedar gelap narkotika.

References

Arief, Barda Nawawi, 2005, Kebijakan Hukum Pidana (Penal Policy), Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang.
Atmasasmita, Romli, 1997. Tindak Pidana Narkotika Transnasional dalam Sistem Hukum Pidana Indonesia, PT. Citra Aditya Bhakti, Bandung.
Bakhri, Saiful, 2010, Kebijakan Kriminal Dalam Perspektif Pembaruan Sistem Peradilan Pidana Indonesia, Penerbit Total Media dan P3IH UMJ, Yogyakarta.
Erfandi, 2016, “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembangunan Sistem Hukum Pidana di Indonesia”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Th. 1, Nomor 1, Juni 2016.
Harefa, Beniharmoni, dan Ariyanti, Vivi, 2016, Seputar Perkembangan Sistem Peradilan Pidana Anak dan Tindak Pidana Narkotika di Indonesia, Penerbit Deepublish, Yogyakarta.
Lisa, Julianan, dan Sutrisna, Nengah, 2013, Narkoba, Psikotropika, dan Gangguan Jiwa: Tinjauan Kesehatan dan Hukum, Nuha Medika, Yogyakarta.
Mardani, 2008, Penyalahgunaan Narkoba dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Pidana Nasional, Raja Grafindo, Jakarta.
Muladi, dan Arief, Barda Nawawi, 2010, Teori-Teori dan Kebijakan Hukum Pidana, Penerbit Alumni, Bandung.
Rahardjo, Satjipto, 1998, Bunga Rampai Permasalahan dalam Sistem Peradilan Pidana, Pusat Pelayanan Keadilan dan Pengabdian Hukum, Jakarta.
Rahardjo, Trisno, 2011, “Kebijakan Hukum Pidana dalam Penyelesaian Konflik antara Pelaku dan Korban Tindak Pidana Melalui Mediasi Pidana”, Disertasi, Program Pascasarjana, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Semarang.
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 tentang Narkotika.
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.
Published
2019-02-01
How to Cite
ARIYANTI, Vivi. Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Narkotika Di Indonesia Perspektif Kebijakan Hukum Pidana. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 129-135, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1619>. Date accessed: 20 mar. 2019.