Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng

  • Ketut Sedana Arta Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Tujuan utama dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah: (1) Meningkatkan pengembangan profesionalisme guru-guru dalam rangka persyaratan naik pangkat, (2) Meningkatkan kemampuan para guru dalam menyusun dan mempresentasikan karya tulis ilmiah, (3) Menghasilkan produk karya ilmiah yang siap dimuat dalam jurnal ilmiah. Hasil yang diperoleh dari semua tahapan kegiatan pelaksanaan P2M ini dapat dirinci sebagai berikut: guru-guru di setiap jenjang kemampuan untuk menulis artikel ilmiah dirasakan masih kurang. Beberapa hasil pengamatan dan wawancara kepada guru memberikan kejelasan mengapa guru belum mampu, mau, dan biasa menulis ilmiah. Penyebab rendahnya kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah, yaitu: (1) kurangnya pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam menulis karya ilmiah, khususnya menulis artikel ilmiah, (2) terbatasnya sarana bacaan ilmiah terutama yang berupa majalah ilmiah atau jurnal, (3) belum tersedianya majalah atau jurnal di lingkungan sekolah atau dinas pendidikan kabupaten yang bisa menampung tulisan para guru, (4) masih terbatasnya penyelenggaraan lomba menulis karya ilmiah yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan baik pada tingkat nasional, tingkat provinsi maupun pada tingkat kabupaten, dan (5) masih rendahnya motivasi guru untuk mengikuti lomba menulis karya ilmiah. Sehubungan dengan itu, ada beberapa strategi yang ditawarkan salah satunya dengan mengadakan pelatihan artikel untuk publikasi di jurnal. Setelah diberikan pelatihan oleh tim pakar dari Undiksha Singaraja, para guru sekolah dasar mulai bisa menyusun dan mengemas artikel.

References

Budiningsih, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan, 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Menengah dan Umum.
Direktorat Profesi Pendidik, 2008. Pedoman Penilaian Guru Berprestasi. Jakarta: Depdiknas.
Djohar. (2003). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Kejuruan. (Disertasi, tidak diterbitkan). Bandung: PPS UPI.
Hasan. (1992). An Evaluation of the 1975 General Senior Secondary Social Studies Curriculum Implementation in Bandung Municipality. Disertasi Doctor dari Macquary University. Tidak diterbitkan.
Hopkin, David. 1993. A Teacher’ Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendiknas.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BPP.
Kunadar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Lasmawan, W. (2010). Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empirik. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
MaLaughin. (1987). Implementing of ESEA Title I. New York: Columbia University.
Miller, J. and Wayne S. (1985). Curriculum: Perspective and Practice. New York: Longman.
Nana, S. (2005). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek Tahun. Bandung: RoSejarahakarya.
Pantiwati, y. 2001. Upaya peningkatan Profesionalisme Kepemimpinan. Malang: PSSJ PPS Universitas Malang.
Pemerintah Kabupaten Buleleng. (2011). Buleleng dalam Angka. Buleleng: Pemda Buleleng.
Pidarta, Made, 2000. Landasan Kependidikan. Jakarta: Renika Cipta.
Sagor, R. 1992. How to Conduct Collaborative Action Research. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.
Samani, Muchlas, dkk, 2003. Pembinaan Profesi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Semiawan, C.R. 1991. Strategi Pengembangan Diri Untuk Menjadi Pemimpin Jakarta: Grasindo.
Soetjipto, 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana, 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suhardjono, Azis Hoesein. 1996. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Depdikbud, Diskdasmen.
Surapranata. (2006). Penilaian Portofolio. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : PT. Remaja RoSejarahakarya.
T. Raka Joni. Penelitian Tindakan Kelas: Beberapa Permasalahan. Jakarta: PCPPPGSM: Dirjen Dikti.
Usman, Moh. Uzer, 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wina Sanjaya. 2010. Kurikulum Pembelajaran (Teori dan Praktik KTSP). Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Published
2019-02-01
How to Cite
ARTA, Ketut Sedana. Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 146-159, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1621>. Date accessed: 21 aug. 2019.