Identitas Politik dan Politik Identitas Masyarakat Muslim di Bali

  • I Gusti Made Arya Suta Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Sintya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Kondisi masyarakat multikultural menyebabkan demokrasi di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari politik identitas. Tidak hanya di daerah, politik identitas juga terjadi di ibu kota di mana dampak dari hal ini juga mempengaruhi persepsi orang-orang dari luar ibu kota tentang bagaimana seharusnya politik. Salah satu isu yang terkait dengan politik identitas yang baru-baru ini muncul dan menyebar di berbagai daerah adalah larangan bagi umat Islam untuk memilih sepasang ulama non-Muslim. Pertanyaannya kemudian, bagaimana dengan daerah seperti Provinsi Bali di mana komunitas Muslim adalah kelompok minoritas dan secara politik tidak memiliki calon gubernur dan wakil gubernur dari antara mereka? Apakah masalah ini juga mempengaruhi komunitas Muslim dalam menentukan pilihan politik mereka dalam Pemilihan Umum Bali 2018? Apa preferensi dan persepsi komunitas Muslim di Bali dalam menentukan kriteria calon gubernur dan wakil gubernur untuk lingkaran mereka? Menjelang pemilihan gubernur 2018 di Bali, sejumlah elemen masyarakat mulai dari partai politik, organisasi massa, birokrat, akademisi, pejabat daerah dan berbagai komunitas dan organisasi sosial sedang mempersiapkan diri. Meskipun hingga kini belum ada satu pasangan calon yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Bali, tetapi gerakan gerilya dan konsolidasi oleh mereka yang secara definitif menyatakan diri sebagai calon gubernur sudah dimulai. Beberapa dari mereka juga mulai menyentuh beberapa minoritas, termasuk komunitas Muslim. Berdasarkan uraian di atas secara sosiologis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika politik identitas komunitas muslim pada Pemilu 2018 Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan juga mencoba untuk menggambarkan bahwa ada dinamika politik yang terjadi di kalangan komunitas Muslim di Bali, mengingat bahwa beberapa komunitas Muslim di Bali tidak hanya penduduk migran atau musiman, tetapi juga komunitas yang telah hadir sejak waktu kerajaan dan tidak dapat dilepaskan dari sejarah perkembangan adat istiadat dan sosial ekonomi provinsi Bali itu sendiri.

References

Atmadja, Nengah Bawa, (2010). Ajeg Bali: Gerakan Identitas Kultural, dan Globalisasi. Yogyakarta: LkiS.
Castells, Manuel. (2007). The Rise of The Network Society, The Information Age: Economy, Society and Culture Vol. I. Oxford: Blackwell. 2007.
Castells, Manuel. (2007). The Power of Identitiy, The Information Age: Economy, Society and Culture Vol. II. Oxford: Blackwell.
Martono, Nanang. (2015). Metode Penelitian Sosial: Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Raja Grafindo.
Meyers, Barton. (1984). Minority Group: An Ideological Formulation, Social Problems, Vol. 32, No. 1, Thematic Issue on Minorities and Social Movements.
Nordholt, Henk Schulte. (2010). Bali Benteng Terbuka 1995-2005. Jakarta: KITLV.
Parimartha, I Gde, Ida Bagus Gde Putra dan Luh Pt. Kusuma Ririen. (2012). Bulan Sabit di Pulau Dewata: Jejak Kampung Islam Kusamba-Bali. Yogyakarta: Huma Printing & Design Graphic.
Picard, Michel. (2006). Bali: Pariwisata Budaya dan Budaya Pariwisata. Jakarta: Gramedia.
Gede, Gedzha Aldino Putra M., Piers Andreas N., dan Ni Wayan Radita Novi Puspitasari. (2015). Politik Identitas Muslim Kampung Jawa Terhadap Partai Keadilan Sejahtera di Kota Denpasar. Skirpsi S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana.
Nawawi, M., Haslinda B. Anriani, dan Ilyas. (2012). Dinamika Etnisitas dan Konflik Politik pada Pemilukada. Surabaya: Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, Vol. 25, No. 3, Juli–September 2012, 223–232.
Pageh, I Made, Wayan Sugiartha, dan Ketut Sedana Artha. (2013). Analisis Faktor Integratif Nyama Bali-Nyama Selam, Untuk Menyusun Buku Panduan Kerukunan Masyarakat di Era Otonomi Daerah. Singaraja: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 2, No. 2, Oktober 2013, 239-248.
Published
2019-02-01
How to Cite
WIRAWAN, I Gusti Made Arya Suta; DEWI, Kadek Sintya. Identitas Politik dan Politik Identitas Masyarakat Muslim di Bali. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 183-194, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1624>. Date accessed: 21 aug. 2019.