Studi Lahan Kering Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kawasan Tri Danau Bedugul Bali

  • Dewa Made Atmaja Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini berjudul Studi Lahan Kering Untuk Pengembangan Pariwisata di Kawasan Tri Danau Bedugul Bali, bertujuan mengetahui potensi lahan kering untuk pengembangan pariwisata dan menentukan arahan pengembangan kegiatan rekreasi. Penelitian menggunakan metode evaluasi lahan dengan cara survei lapangan yang meliputi pengamatan, pengukuran, serta analisis laboratorium. Pengambilan data primer dan sampel berdasarkan pendekatan geomorfologi pragmatik secara stratified random sampling pada satuan lahan hasil tumpang susun beberapa peta. Data yang diperoleh dianalisis dengan pengharkatan berdasarkan faktor daya tarik dan pembatas lahan. Arahan pengembangan kegiatan rekreasi dianalisis secara deskriptif berdasarkan prakiraan kapasitas lahan untuk kunjungan wisatawan, prakiraan potensi hubungan pasar wisatawan serta kondisi kepariwisataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kemampuan lahan untuk rekreasi didominasi oleh kelas dengan kemampuan sedang 39,25% dan rendah 48,22%. Kelas dengan kemampuan sangat tinggi tidak dijumpai, sehingga pengembangan diarahkan pada kelas dengan kemampuan tinggi yaitu pada satuan lahan V2-I-Re-P dan V4-I-Re-HSA dengan dataran antara gunung dan lereng gunung dengan faktor potensi bentuk lahan, hidrologi, budaya, dan kemudahan pencapaian. Arahan pengembangan lokal berdasarkan hasil evaluasi lahan dan kapasitas lahan diorientasikan untuk kegiatan bersantai menikmati panorama, kegiatan ilmiah tentang vegetasi dan danau, flora fauna kegiatan pengamatan budaya masyarakat dan kegiatan pengamatan aktivitas pertanian. Arahan pengembangan regional berdasarkan potensi pasar wisatawan diorientasikan pada Desa Candikuning dan Pancasari. Arahan pengembangan kepariwisataan berdasarkan kondisi kepariwisataan meliputi arahan pengembangan pemasaran, instansional, produk dan sumberdaya manusia dan budaya lokal.

References

Alkadri, Riyadi, D.S, Muchdie, Siswanto, S, Fathoni, 1999. Manajemen Teknologi Untuk Pengembangan Wilayah. Jakarta; Direktorat Kebijaksanaan Teknologi Untuk Pengembangan Wilayah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.
Ave, J, 2000. Maraknya Ekonomi Pariwisata. Kompas 28 Juni.
Burton, P, 1995. Travel Geography (Second Edition). London; Pitman Publication.
Dinas Pariwisata Bali, 2004.Pengembangan Obyek Wisata di Bali. Diparda Propinsi Bali.
Sugandy, A., 1999. Penataan Ruang Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-02-01
How to Cite
ATMAJA, Dewa Made. Studi Lahan Kering Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kawasan Tri Danau Bedugul Bali. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 219-230, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1627>. Date accessed: 20 mar. 2019.