Peningkatan Kesadaran Hukum Terkait Keselamatan Diri dalam Berlalu Lintas Melalui Diseminasi Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kalangan Pelajar SMA Kota Singaraja

  • Ni Putu Rai Yuliartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ratna Artha Windari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Sudiatmaka Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Gede Sudika Mangku Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta kesadaran hukum para pelajar terhadap regulasi yang mengatur tentang penggunaan lalu lintas dan angkutan jalan (UU No.22 Tahun 2009) secara aman, guna meningkatkan keselamatan diri dan meminimalisir terjadinya kecelakaan ataupun pelanggaran lalu lintas di Kota Singaraja, serta akibat hukum yang ditimbulkan apabila terjadi pelanggaran terhadap lalu lintas. Metode yang dipergunakan dalam kegiatan ini adalah dengan sistem jemput bola (peserta dikumpulkan dalam satu lokasi yang kemudian diberikan diseminasi), dan setelah itu dilanjutkan dengan adanya focus group discussion (FGD). Lama pelaksanaan kegiatan adalah 6 (enam) bulan yang dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai pada proses evaluasi dengan melibatkan peserta sebanyak 60 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa setelah diberikan diseminasi oleh tim pengabdian, para peserta menjadi memiliki pengetahuan yang jelas dan utuh mengenai: (1) larangan dan sanksi terhadap pelanggar lalu lintas berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009, (2) efektivitas dan keselamatan diri dalam menggunakan sarana prasarana di jalan raya.

References

Bintarto, 1972. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta : BPFE.
Mertokusumo, Sudikno. 2005. Mengenal Hukum Suatu Pengantar. Yogyakarta : Liberty.
Mertokusumo, Sudikno. 1986. Mengenal Hukum Suatu Pengantar. Yogyakarta : Liberty.
Raharjo, Rinto. 2009. Tertib Berlalu Lintas. Yogyakarta : Shafa Media.
Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Soekanto, Soerjono. 1985. Perspektif Teoritis Studi Hukum Dalam Masyarakat, Jakarta : Rajawali Press.
Widjaya. 1984. Kesadaran Hukum Manusia dan Manusia Pancasila. Jakarta : Era Swasta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 96 dan Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5025.
Published
2019-02-01
How to Cite
YULIARTINI, Ni Putu Rai et al. Peningkatan Kesadaran Hukum Terkait Keselamatan Diri dalam Berlalu Lintas Melalui Diseminasi Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kalangan Pelajar SMA Kota Singaraja. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, p. 231-241, feb. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1628>. Date accessed: 26 may 2019.