Membangun Kesadaran Baru Guru Agama Hindu Tentang Perspektif Adil Gender Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Di Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali

  • Landrawan I Wayan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sendratari Luh Putu Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Tujuan dilakukannya pelatihan perspektif adil gender di kalangan guru agama Hindu di kecamatan Banjar adalah 1) mengubah pemahaman lama tentang kultur dominan dalam materi agama Hindu ke pemahaman baru; 2) melatih keterampilan guru mengintegrasikan unsur perspektif adil gender ke dalam rencana pembelajaran. Landasan teori yang digunakan  untuk melatihkan perspektif adil gender adalah teori nature dan nurture;  psikoanalisis; strutural fungsional. Jumlah guru yang dilatihkan adalah guru SD Agama Hindu di Kecamatan banjar yang berjumlah .40 orang. Tahapan pelatihan dilakukan: 1) menjajagi kemampuan awal guru tentang adil gender; 2) membuka wawasan guru tentang perspektif adil gender; 3) pelatihan penyusunan RPP berperspektif adil gender. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil pelatihan telah mampu mengubah pemahaman lama guru tentang kultur dominan ke pemahaman baru tentang pelaksanaan yadnya dengan prinsip kerjasama pria dan perempuan dengan landasah kasih sayang; perlunya peluang yang sama antara pria dan perempuan dalam mendalami ajaran agama; perlu adanya pengenalan penunjang upakara kepada kedua jenis kelamin; adanya pengakuan orang suci yang berasal dari jenis kelamin perempuan dan laki-laki. Pengintegrasian perspektif adil gender telah tampak dalam RPP guru agama Hindu jenjang SD di kecamatan Banjar pada topik Yadnya dan Orang Suci.

References

Budiman, Arief. 1985. Pembagian Kerja Secara Seksual: Sebuah Pembahasan Sosiologis tentang Peran Wanita di dalam Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia
Diarsi, Myra. 1989. Ideologi Gender Dalam Pendidikan. Makalah. Jakarta: Program Kajian Wanita UI
Margi, I Ketut; Luh Putu Sendratari; Wayan Budi Utama. 2010. Pengembangan Buku Panduan Praktis Adil Gender dalam Pembelajaran Agama Hindu di Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Singaraja: Undiksha.
Noer, Deliar. 1982. Diperlukan Pendekatan Bukan Barat Terhadap Kajian Masyarakat Indonesia. Dalam Mulyanto Sumardi (Penyusun). Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. Jakarta: Penerbit Sinar Harapan
Sanderson, Stephen. K. 1995. Sosiologi Makro, Sebuah Pendekatan terhadap Realitas Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sudarmanto, JB. 1987. Agama dan Ideologi. Jakarta: Penerbit Kanisius
Wahyuningsih, Rutiana Dwi dan Ismi Dwi Astuti Nurhaeni. 2007. Buku Panduan Praktis Adil Gender Integrasi Perspektif Adil Gender Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Surakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Gender (P3G).
Published
2019-04-11
How to Cite
I WAYAN, Landrawan; LUH PUTU, Sendratari. Membangun Kesadaran Baru Guru Agama Hindu Tentang Perspektif Adil Gender Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Di Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 2, apr. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/SENAHIS/article/view/1638>. Date accessed: 26 apr. 2019.