Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis pada Kebutuhan Siswa

  • Sarwiji Suwandi Universitas Sebelas Maret

Abstract

Guru memiliki kedudukan dan peran strategis dalam sistem pendidikan. Guru, sebagai pendidik profesional, adalah aktor penting dalam kegiatan pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Untuk itu, guru dituntut memiliki pemahaman yang baik tentang hakikat pembelajaran. Tentu saja yang dibutuhkan dari seorang guru bukan hanya pemahaman teoretis konseptual, tetapi yang lebih penting adalah pada tataran praksis, yakni kemampuan operasional dalam pembelajaran. Guru dituntut mampu menyelenggarakan pembelajaran yang efisien dan efektif, pembelajaran yang mampu mewujudkan kompetensi dan mengembangkan kreativitas siswa. Dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia, guru memiliki tanggung jawab agar siswa memiliki kemahiran berbahasa Indonesia, baik reseptif maupun ekspresif serta kemampuan apresiasi sastra, baik pada dimensi rekreasi dan prokreasi (responsi dan produksi). Makalah ini akan membahas pemantapan orientasi pembelajaran, pembelajaran yang aktif-efektif, pengelolaan  pembelajaran, dan peran guru untuk mewujudkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif.

Published
2018-09-19
How to Cite
SUWANDI, Sarwiji. Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis pada Kebutuhan Siswa. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 1-9, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1239>. Date accessed: 16 nov. 2018.