Dominasi Laki-laki pada Masyarakat Matrilineal Suku Tetun, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur Berdasar pada Penggunaan Bahasa

  • Ketut Suar Adnyana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Daerah, FKIP, Universitas Dwijendra, Denpasar
  • Made Suwendi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Daerah, FKIP, Universitas Dwijendra, Denpasar
  • Dayu Novita Yogan Dewi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Daerah, FKIP, Universitas Dwijendra, Denpasar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kajian pada dominasi laki-laki pada Masyarakat Matrilineal (suku Tetun) Kabupaten Malaka. Tujuan  penelitian ini untuk mendeskripsikan dominasi laki-laki terhadap  perempuan pada Masyarakat Matrilineal (suku Tetun) Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur. Teori yang digunakan dalam kajian ini adalah teori Coates. Metode yang dipakai dalam kajian ini adalah metode observasi nonpartisipatori, dan wawancara.  Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa dalam percakapan ranah keluarga dan adat, laki laki menduduki posisi superordinat sedangkan perempuan memiliki posisi subordinat. Hal itu dapat dianalisis dari penggunaan kalimat imperatif dan strategi diam yang digunakan dalam tuturan.

Published
2018-09-19
How to Cite
ADNYANA, Ketut Suar; SUWENDI, Made; NOVITA YOGAN DEWI, Dayu. Dominasi Laki-laki pada Masyarakat Matrilineal Suku Tetun, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur Berdasar pada Penggunaan Bahasa. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 40-51, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1251>. Date accessed: 16 nov. 2018.