Kemampuan Menguasai Aspek Kalimat Teks Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha

  • Ida Bagus Putrayasa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Undiksha

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah (1) mengetahui penguasaan siswa dalam mengidentifikiasi kalimat-kalimat yang terdapat pada teks bahasa Indonesia; (2) mengetahui penguasaan siswa tentang kesatuan kalimat yang teridentifikasi; dan (3) mengetahui penguasaan siswa tentang struktur kalimat yang teridentifikasi. Untuk mencapai tersebut dirancang penelitian deskriptif-kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan penguasaan siswa kelas VII SMP Laboratorium Undiksha atas aspek-aspek kalimat tergolong cukup (rerata: 61). Namun, kalau dirinci berdasarkan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, hasilnya menunjukkan: (1) kemampuan mengidentifikasi kalimat tergolong: sangat baik (rerata: 88); (2) kemampuan mengidentifikasi kesatuan kalimat tergolong: kurang (rerata: 52); dan kemampuan menganalisis struktur kalimat tergolong: kurang (rerata: 43). Berdasarkan hasil yang dicapai, disarankan agar siswa memahami hakikat kalimat dan aspek-aspeknya, sehingga dalam menganalisis teks tidak mengalami kesulitan, serta ketika menyusun teks, hasilnya menjadi efektif.

Published
2018-09-19
How to Cite
PUTRAYASA, Ida Bagus. Kemampuan Menguasai Aspek Kalimat Teks Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 52-57, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1253>. Date accessed: 19 nov. 2018.