Pemanfaatan Media Audio Visual “Sepatu Butut” dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

  • Anak Agung Istri Hendriani SMP PGRI 9 Denpassar

Abstract

Karya tulis ini mengupas penggunaan media audio visual berupa cerita “Sepatu Lumpur” dalam pembelajaran menulis cerpen. Penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran digunakan membantu guru menyampaikan ide cerita yang dapat membentuk imajinasi siswa saat menulis, sehingga proses menulis cerpen lebih efektif dan efisien. “Sepatu Lumpur” menayangkan kisah inspiratif penuh motivasi dan nilai karakter yang mengjarkan kita untuk selalu bersyukur atas apapun yang kita miliki. Berbagai karakter tokoh ditampilkan dalam cerita yang menarik dan tampilan gambar membuat peserta didik begitu antusias. Media pembelajaran ini memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis unsur intrinsik cerpen dan dapat mengaplikasikannya dalam sebuah tulisan.

Published
2018-09-19
How to Cite
HENDRIANI, Anak Agung Istri. Pemanfaatan Media Audio Visual “Sepatu Butut” dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 66-73, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1257>. Date accessed: 19 nov. 2018.