Pergulatan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa

  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Kajian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 dengan berfokus pada kesesuaian pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa. Hasil kajian ini menunjukkan pendekatan saintifik tidak sepenuhnya sesuai digunakan dalam pembelajaran bahasa. Hakikat pembelajaran bahasa sebagai pembelajaran yang komunikatif, bagaimana siswa menggunakan bahasa dalam berkomunikasi (menyimak, membaca, berbicara, menulis) belum mampu sepenuhnya dicapai melalui pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik menekankan langkah-langkah mendapatkan pengetahuan ilmiah. Belajar bahasa bukan hanya belajar menemukan konsep tetapi belajar berbahasa dalam situasi senyatanya

Published
2018-09-19
How to Cite
WISUDARIANI, Ni Made Rai. Pergulatan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 74-84, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1258>. Date accessed: 16 nov. 2018.