Bilingual Mulai Usia Dini: Pengaruhnya Terhadap Bahasa Ibu dan Perkembangan Mental Kognitif Anak

  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Maraknya Lembaga Pendidikan Yang Memperkenalkan Bahasa Asing Kepada Anak-Anak Sering Menimbulkan Rasa “Curiga” Terhadap Perkembangan Mental (Kognitif) Dan Pemertahanan B1 Anak. Isyu Ini Masih Mewarnai Pemikiran Orang Tua Atau Pihak-Pihak “Tertentu” Yang Menghadapi Masalah Ini Secara Langsung. Makalah Ini Bertujuan Untuk Menguraikan (1) Bilingualisme Atau Multilingualisme Dengan Perkembangan Kemampuan Mental (Kognitif) Anak Dan (2) Pengaruh Biliangualisme Terhadap Bahasa Ibu (B1) Anak. Makalah Ini Dibuat Berdasarkan Temuan Analisis Deskriptif-Kualitatif Dengan Metode Studi Pustaka Dan Teknik Baca Hermenutik. Hasil Kajian Menunjukkan Bahwa (1) Anak-Anak Bilingual Memiliki Kemamuan Mental (Kognitif) Yang Lebih Baik Daripada Kemampuan Mental (Kognitif) Anak-Anak Monolingual. (2) Anak-Anak Bilingual Tidak Memberikan Pengaruh Buruk Terhadap Keberadaan Bahasa Ibunya.  

Published
2018-09-19
How to Cite
YASA, I Nyoman. Bilingual Mulai Usia Dini: Pengaruhnya Terhadap Bahasa Ibu dan Perkembangan Mental Kognitif Anak. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 87-91, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1264>. Date accessed: 16 nov. 2018.