Makna Disebalik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Teks

  • Hesty Kusumawati IAIN Madura

Abstract

Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam bingkai K-13 berbasis teks. Setiap proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia tidak lepas dari urutan-urutan ekspresi linguistik yang terstruktur serta membentuk keseluruhan yang padu atau uniter. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana pemodelan teks, penyusunan teks secara bersama, dan penyusunan teks secara mandiri dalam setiap pembelajaran. Ketiga kegiatan tersebut sangat penting agar dapat memberikan formula kekinian terkait dengan keberadaan bahasa Indonesia berbasis teks. Dalam hal ini, artikel dimaksudkan untuk memberikan gambaran berkenaan dengan ketiga permasalahan tersebut. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis teks tidak mengabaikan konteks luar bahasa atau mengesampingkan ekstra linguistik.

Published
2018-09-19
How to Cite
KUSUMAWATI, Hesty. Makna Disebalik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Teks. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 92-96, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1265>. Date accessed: 16 nov. 2018.