Analisis Tindak Tutur Siswa dan Guru Selama Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Kota Denpasar

  • I Putu Oka Suardana STKIP Suar Bangli

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah menggambarkan dan menjelaskan (1) fungsi tindak tutur siswa dan guru selama pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X di SMA Negeri se-Kota Denpasar dan (2) bentuk tindak tutur siswa dan guru selama pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X di SMA Negeri se-Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Pemilihan subjek sekolah dilakukan dengan teknik Area Random Sampling. Subjek penelitian ini adalah (1) guru bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri se-Kota Denpasar dan (2) siswa kelas X di SMA Negeri se-Kota Denpasar. Data penelitian ini adalah percakapan yang terjadi antara guru dan siswa selama pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode, (1) observasi, dan (2) wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh (1) fungsi tindak tutur guru dan siswa dan (2) bentuk tindak tutur guru dan siswa. Fungsi tindak tutur guru ditemukan empat fungsi makro dan 16 fungsi mikro. Fungsi tindak tutur guru ditemukan tiga fungsi makro dan delapan fungsi mikro. Bentuk tindak tutur yang diungkapkan oleh guru dan siswa adalah tuturan bermodus deklaratif, interogatif, dan imperatif. Bentuk tindak tutur yang diungkapkan sebagian besar merupakan tuturan langsung dan lugas serta menaati prinsip kerja sama dan aspek kesantunan.

Published
2018-09-19
How to Cite
SUARDANA, I Putu Oka. Analisis Tindak Tutur Siswa dan Guru Selama Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Kota Denpasar. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 97-104, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1267>. Date accessed: 16 nov. 2018.