Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Menulis Kelas VII Kurikulum 2013

  • Komang Andri Sani SMP Ngurah Rai Pecatu

Abstract

Penilaian terhadap proses pembelajaran selama ini kurang mendapatkan perhatian dibandingkan dengan penilaian hasil belajar, padahal penilaian proses dan hasil belajar tidak terpisahkan dalam penyusunan dan pelaksanaannya. Salah satu penilaian yang digunakan sebagai dasar dalam penilain autentik yaitu penilain portofolio. Kenyataannya, penilaian ini belum dilaksanakan secara optimal karena dalam pelaksanaannya, membutuhkan waktu yang relatif lama, dan kurang terampilnya pendidik dalam membuat format dan rubrik penilaian yang tepat. Penilaian portofolio dalam pembelajaran bahasa dan sastra, dapat dilakukan dengan menilai kemampuan menulis puisi, karangan, makalah, laporan observasi, laporan hasil wawancara, laporan eksperimen, sinopsis, naskah pidato, naskah drama, dan sebagainya. Artikel ini, khusus mengungkap penilaian portofolio dalam pembelajaran menulis Kelas VII Kurikulum 2013.

Published
2018-09-19
How to Cite
SANI, Komang Andri. Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Menulis Kelas VII Kurikulum 2013. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 129-135, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1271>. Date accessed: 16 nov. 2018.