Teks Puisi “Doa Seorang Serdadu Sebelum Perang” Karya W. S. Rendra Suatu Kajian Kontekstual mengenai Psikologi Pembacanya

  • Alex Djawa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Nusa Cendana

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran model ini akan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan makna teks dalam konteks. Teks dan konteks adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Teks lahir, ada, dan muncul dari konteks. Kontekslah yang mendahului teks. Teks puisi “Doa seorang serdadu sebelum perang” dibuat mungkin berdasarkan pengalaman nyata, tetapi juga mungkin hanya imajinasi penyairnya. Untuk memahami psikologi pembaca teks puisi tersebut, maka selain teks itu, pembaca juga harus memahami latar kontekstual seperti tempat, waktu, dan kapan peristiwa itu terjadi.  Dengan latar kontekstual itu, akan memberikan gambaran yang jelas mengenai peristiwa yang terjadi dan akan mempengaruhi psikologi pembaca puisi tersebut.

Published
2018-09-19
How to Cite
DJAWA, Alex. Teks Puisi “Doa Seorang Serdadu Sebelum Perang” Karya W. S. Rendra Suatu Kajian Kontekstual mengenai Psikologi Pembacanya. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 144-151, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1273>. Date accessed: 19 nov. 2018.