Pendidikan Karakter pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar

  • I Gede Nurjaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan pendidikan karakter pada buku pelajaran siswa kelas rendah sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan deskriptif dengan metode analisis dokumen. Dengan metode seperti tersebut, ditemukan hasil sebagai berikut. (1) Ada 26 nilai pendidikan karakter yang terdapat pada kurikulum sekolah dasar. (2) ada 24 nilai pendidikan karakter yang ditemukan pada buku pelajaran untuk siswa kelas rendah sekolah dasar. Ada tiga nilai karakter yang seharusnya menjadi pondasi dari pembentukan karakter siswa yang kurang pemuatannya. Ketiga nilai karakter tersebut adalah kejujuran, kepemimpinan, dan penghargaan terhadap karya dan prestasi orang lain. (3) perwujudan pemuatan karakter pada buku pelajaran untuk siswa kelas rendah sekolah adalah berupa pengalaman, model, fakta, serta tugas dan pelatihan. Terkait temuan tersebut, maka disarankan kepada guru pengajar agar dalam kegiatan belajar mengajar menyelipkan lebih banyak tentang tiga nilai karakter yang pemuatannya dalam buku masih kurang.

Published
2018-09-19
How to Cite
NURJAYA, I Gede. Pendidikan Karakter pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 174-182, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1276>. Date accessed: 19 nov. 2018.