Model Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Menulis Kreatif Sastra

  • Asih Riyanti FKIP/ Universitas Borneo Tarakan

Abstract

Keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilihat dan sesuai dengan kenyataan  jika model penilaian yang digunakan juga  tepat. Model penilaian yang dilakukan hendaknya sesuai dengan kompetensi, indikator, dan tujuan pembelajaran. Dengan  kata lain, perlu adanya pengembangan sistem penilaian yang mampu mengukur  kemampuan siswa secara menyeluruh  sebagai hasil belajar serta mendorong  siswa mengembangkan segala potensi dan  kreativitasnya. Guru dapat memilih penilaian portofolio untuk melihat dan mengukur hasil dan proses belajar selama kurun waktu tertentu. Portofolio  dapat digunakan untuk memberikan penilaian tugas proyek menulis kreatif seperti cerita pendek, puisi, drama dan sebagainya. Seyogyanya guru mampu memilih dan mengembangkan model penilaian sehingga penilaian menjadi akurat dan dapat mengukur semua aspek. Dengan demikian, penilaian akan menjadi efektif dan berkualitas. Kualitas teknis dalam penilaian  akan menuntun guru dan pemangku kepentingan pendidikan untuk memiliki keyakinan dan aspek penilaian sesuai dengan praktik penilaian menulis kreatif. Studi pustaka ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya penilaian pembelajaranmenulis kreatif melalui portofolio.

Published
2018-09-19
How to Cite
RIYANTI, Asih. Model Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Menulis Kreatif Sastra. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 219-225, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1282>. Date accessed: 16 nov. 2018.