Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Program “Full Day School” Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Singaraja

  • Kadek Wirahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Program full day school merupakan kebijakan pemerintah terhadap sistem belajar siswa dengan penanaman pendidikan karakter sebagai prioritas utama. Tidak semua sekolah melaksanakan program ini, namun di Kabupaten Buleleng, salah satu sekolahnya yakni SMA Negeri 4 Singaraja telah melaksanakan program full day school ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Indonesia dilihat dari strategi, model, dan metode pembelajarannya, rancangan beserta evaluasi pembelajarannya, yang berdampak pada hasil belajar siswa kelas XII dalam program full day school yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian survei atau observasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 310 orang. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Analisis data bersifat deskriptif-analisis. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini terdiri atas tiga alur kegiatan yang terjadi secara simultan, yaitu kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru lebih banyak menggunakan strategi discovery learning dan group-individual learning. Model pembelajarannya menggunakan contextual teaching-learning, mastery learning, active learning, PAIKEM, discovery, dan cooperative learning. Metode yang digunakan yaitu ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, debat, tanya-jawab, penugasan, dan pengalaman lapangan. Rancangan pembelajarannya masih sama yakni menggunakan kurikulum 2013 hanya saja terdapat revisi pada standar isi, penilaian, materi, bahan ajar, serta nilai sikap yang tidak lagi dinilai oleh satu guru, melainkan diperoleh dengan rata-rata penilaian sikap dari beberapa guru. Evaluasi pembelajaran yang digunakan berupa ulangan harian dan pertanyaan pada akhir pembelajaran. Hasil belajar siswa kelas XII ini tergolong baik, dengan rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 7,5.

Published
2018-09-19
How to Cite
WIRAHYUNI, Kadek; HERMAWAN, Satya. Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Program “Full Day School” Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Singaraja. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 226-233, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1283>. Date accessed: 19 nov. 2018.