Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa

  • Putu Widi Ciptaningsih SMP Negeri 2 Singaraja

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII.3 SMP Negeri 2 Singaraja untuk mengatasi masalah keterampilan menulis teks eksplanasi siswa yang masih di bawah KKM, yaitu 70,03. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keefektifan Model Pembelajaran picture and picture meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa, (2) langkah-langkah pembelajaran yang efektif, dan (3) respons siswa terhadap pembelajaran. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dan angket. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Terdapat peningkatan hasil belajar, yaitu skor rata-rata  80,34 di siklus I dan meningkat kembali di siklus II menjadi 85,32. Respons siswa pun meningkat dari Baik menjadi Sangat Baik. Dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa.

Published
2018-09-19
How to Cite
CIPTANINGSIH, Putu Widi. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 248-253, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1286>. Date accessed: 19 nov. 2018.