Insersi Nilai Sikap Bahasa dalam Pembelajaran: Refleksi Analisis Kebutuhan Belajar

  • I Putu Mas Dewantara Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar bahasa Indonesia dan implikasi analisis kebutuhan bagi pembelajaran bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan belajar mahasiswa mencakup materi-materi yang selama ini sudah pernah di ajarkan pada jenjang sebelumnya dan materi yang belum pernah diajarkan. Hasil wawancara dengan mahasiswa dan dosen menunjukkan rendahnya sikap positif mahasiswa terhadap bahasa Indonesia. Implikasi temuan ini adalah insersi nilai sikap bahasa dalam pembelajaran begitu urgen diperlukan. Hal ini juga mengingat fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Rendahnya sikap bahasa positif terhadap bahasa Indonesia bukan tidak mungkin akan berdampak pada goyahnya perekat kesatuan bangsa.

Published
2018-09-19
How to Cite
DEWANTARA, I Putu Mas. Insersi Nilai Sikap Bahasa dalam Pembelajaran: Refleksi Analisis Kebutuhan Belajar. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, [S.l.], v. 5, p. 254-259, sep. 2018. ISSN 2623-288X. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/view/1287>. Date accessed: 19 nov. 2018.