PENGEMBANGAN MANAJEMEN INFORMASI BAHAN AJAR DENGAN MEDIA BLOG SEBAGAI PENUNJANG REFERENSI PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN KUBU DAN ABANG

Main Article Content

Ni Ketut Sari Adnyani Ni Nyoman Mandriani Ni Kadek Putus Asrini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penyediaan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan media blog; (2) pendayagunaan blog sebagai sumber informasi dan komunikasi; (3) peningkatan kolaborasi pendidik berbasis blog; dan (4) peningkatan kompetensi pendidik dalam publikasi karya dan pemikirannya melalui blog. Metode  penelitian menggunakan model pengembangan media blog sebagai sarana publikasi ilmiah dalam menunjang efesiensi manajemen informasi diharapkan dapat menyasar tingkat kebutuhan guru-guru SD Kecamatan Kubu dan Abang. Dilakukan secara purposive, teknik analisa data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini (1) media blog dinilai efektif sebagai sarana infomrasi dan komunikasi oleh guruguru SD di Kecamatan Kubu dan Abang; (2) Pendayagunaan blog dilakukan oleh guru-guru SD berorientasi pada manajemen sumberdaya manusia dalam mengadaptasikan alih fungsi teknologi; (3) Kelompok Guru SD disasar pembuatan blog untuk pengembangan bahan ajar siswa; (4) kompetensi di bidang IT dengan media blog guru menjadi meningkat.  Kesimpulannya, guru- guru SD tersebut merupakan mitra penelitian yang diberdayakan menjadi sosok guru-guru yang kreatif dan inovatif serta mampu memanfaatkan alih fungsi teknologi secara tepat guna.  Hasil produk media atau bahan ajar dari proses adaptasi web blog mampu menjadi motivasi mengembangkan dan memberdayakan media internet sebagai sumber belajar.

Article Details

How to Cite
ADNYANI, Ni Ketut Sari; MANDRIANI, Ni Nyoman; ASRINI, Ni Kadek Putus. PENGEMBANGAN MANAJEMEN INFORMASI BAHAN AJAR DENGAN MEDIA BLOG SEBAGAI PENUNJANG REFERENSI PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN KUBU DAN ABANG. Proceeding Semnasvoktek, [S.l.], v. 2, p. 41-48, oct. 2017. ISSN 2541-3058. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasvoktek/article/view/673>. Date accessed: 23 july 2018.
Section
Articles