PENYEMATAN ASPEK VOKASIONAL PADA PROGRAM AKADEMIK DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TINGGI TEKNIK

Main Article Content

Muchlas Muchlas

Abstract

Perguruan tinggi teknik perlu terus menerus melakukan perbaikan dan inovasi terhadap implementasi kurikulumnya agar lulusan yang dihasilkan siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri. Aspek vokasional menjadi penting dan perlu disematkan pada kurikulum program pendidikan akademik agar para lulusan program ini selain memiliki keahlian akademik juga keterampilan vokasional tanpa meninggalkan tujuan utamanya menyiapkan sarjana teknik. Paper ini mendeskripsikan muatan-muatan aspek vokasional pada program akademik Jurusan Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan dilihat dari orientasi metodologi skripsi mahasiswa yang dikategorikan ke dalam modeling, verification, simulation, dan design. Data penelitian diperoleh melalui survei selama 10 tahun terakhir dengan jumlah sampel sebanyak 146 skripsi. Setiap naskah skripsi dianalisis untuk memperoleh informasi kecenderungan metodologi yang digunakan.  Hasil studi menunjukkan bahwa skripsi mahasiswa memiliki kandungan aspek vokasional yang sangat tinggi yakni 93,8%. Tugas akhir dengan muatan aspek vokasional yang tinggi ini ternyata diikuti dengan semakin cepatnya waktu penyelesaian skripsi tersebut selama tiga tahun berturut-turut yakni 13,5 bulan pada tahun 2014/2015 turun menjadi 11,8 bulan pada 2015/2016 dan 9,1 bulan pada 2016/2017.

Article Details

How to Cite
MUCHLAS, Muchlas. PENYEMATAN ASPEK VOKASIONAL PADA PROGRAM AKADEMIK DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TINGGI TEKNIK. Proceeding Semnasvoktek, [S.l.], v. 2, p. 262-271, oct. 2017. ISSN 2541-3058. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasvoktek/article/view/675>. Date accessed: 23 oct. 2018.
Section
Articles