STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI DIVERSIFIKASI PANGAN DALAM PEMBELAJARAN BOGA PRODUCTION

Main Article Content

Ni Desak Made Sri Adnyawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan strategi PBL melalui diversifikasi pangan dalam pembelajaran boga production. Pengembangan strategi PBL ini menggunakan pola ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pelaksanaan penelitian dilakukan di jurusan PKK Prodi Pendidikan Tata Boga yaitu pada pembelajaran cipta karya boga. Subyek penelitian adalah 2 orang ahli isi dan strategi pembelajaran serta mahasiswa yang memprogram mata kuliah cipta karya boga sebanyak 13 orang. Obyek penelitian adalah produk diversifikasi pangan awetan dengan teknik pengeringan dan teknik penggulaan. Uji ahli dan subyek sasaran dilakukan pada aspek kejelasan, kesesuaian, dan kepraktisan pada strategi PBL menggunakan angket. Uji organoleptik terhadap produk pangan awetan dengan teknik pengeringan dan teknik penggulaan, meliputi aspek penampilan, tekstur, aroma, dan rasa menggunakan lembar observasi. Analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa hasil uji ahli terhadap pengembangan strategi PBL terkategori sangat baik (92%), hasil uji subyek sasaran pada respon mahasiswa terkategori sangat baik (91%). Uji organoleptik terhadap produk awetan menjadi produk olahan terkategori baik (87%). Jadi pengembangan strategi PBL melalui diversifikasi pangan dinyatakan efektif digunakan sebagai perangkat ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran produktif.

Article Details

How to Cite
ADNYAWATI, Ni Desak Made Sri. STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI DIVERSIFIKASI PANGAN DALAM PEMBELAJARAN BOGA PRODUCTION. Proceeding Semnasvoktek, [S.l.], v. 2, p. 310-317, dec. 2017. ISSN 2541-3058. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasvoktek/article/view/692>. Date accessed: 23 july 2018.
Section
Articles