IMPLEMENTASI KONSEP PERANCANGAN MODEL KONSEPTUAL BASIS DATA STUDI KASUS: PERANCANGAN BASIS DATA SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI BEASISWA DI UNDIKSHA

Main Article Content

I Made Ardwi Pradnyana Agus Aan Jiwa Permana I Made Putrama

Abstract

Model konseptual merupakan model data awal yang dikembangkan dengan cara mengidentifikasi entitas, relasi, kardinalitas dan konstrain dari domain permasalahan. Model konseptual dapat dimodifikasi atau diperbaharui sesuai perubahan kebutuhan penyimpanan data pada sistem yang akan dikembangkan. Namun demikian, pengembangan desain konseptual masih menjadi masalah karena memerlukan kemampuan dan pengetahuan analisis yang tinggi. Artikel ini membahas konsep desain model konseptual dengan studi kasus Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Beasiswa di Undiksha. Desain konseptual dilakukan melalui dua tahap yaitu analisis domain masalah dan pengembangan ERD. Analisis domain masalah dilakukan dengan mendeskripsikan proses bisnis untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan penyimpanan data dan siapa saja yang terlibat. Selanjutnya, penulis mengidentifikasi entitas, relasi, konstrain dan kardinalitas yang ada. Hasilnya adalah model konseptual basis data berupa ERD untuk Sistem Informasi Administrasi Beasiswa di Undiksha. Artikel ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian dan referensi khususnya untuk desain model konseptual basis data.

Article Details

How to Cite
PRADNYANA, I Made Ardwi; PERMANA, Agus Aan Jiwa; PUTRAMA, I Made. IMPLEMENTASI KONSEP PERANCANGAN MODEL KONSEPTUAL BASIS DATA STUDI KASUS: PERANCANGAN BASIS DATA SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI BEASISWA DI UNDIKSHA. Proceeding Semnasvoktek, [S.l.], v. 2, p. 90-98, dec. 2017. ISSN 2541-3058. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasvoktek/article/view/693>. Date accessed: 23 oct. 2018.
Section
Articles