PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER ELEKTRONIKA DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA PADA PENDIDIKAN VOKASI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Main Article Content

Elfizon Elfizon Mukhlidi Muskhir Oriza Candra

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media trainer elektronika yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran Teknik Elektronika pada Pendidikan Vokasi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan R&D (Research &Development). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi (1) angket penelitian (2) pengujian dan pengamatan. Adapun uji kelayakan media pembelajaran menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua dosen Teknik Elektro dan Mahasiswa dalam pembelajaran teknik elektronika, komponen elektronika dan pratikum elektronika Analog dan digital di Jurusan Teknik Elektro FT-UNP. Hasil pengujian yang peroleh adalah media trainer elektronika dikategorikan valid sebagai media pembelajaran setelah divalidasi oleh validator, sebesar 92% artinya media telah memenuhi syarat aspek validasi yaitu komponen isi dan tujuan, intsruksional serta teknis memperoleh kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan media trainer elektronika memperoleh persentase sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan efektifitas di peroleh sebesarĀ  87,05%. Sebagai mana persyaratan ketuntasan klasikal minimal 85% mahasiswa harus tuntas. Artinya media dinyatakan efektif karena persentase ketuntasan lebih besar dibandingkan syarat dari ketuntasan klasikal. Berdasarkan tahapan tersebut telah dihasilkan produk berupa media trainer elektronika yang valid, praktis dan efektif.

Article Details

How to Cite
ELFIZON, Elfizon; MUSKHIR, Mukhlidi; CANDRA, Oriza. PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER ELEKTRONIKA DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA PADA PENDIDIKAN VOKASI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Proceeding Semnasvoktek, [S.l.], v. 2, p. 153-160, dec. 2017. ISSN 2541-3058. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasvoktek/article/view/710>. Date accessed: 23 feb. 2018.
Section
Articles