Pelatihan Penyusunan Asesmen Autentik Kurikulum 2013 pada Guru-Guru Pengampu Mata Pelajaran Produktif Sekolah Menengah Kejuruan

  • Ni Ketut Widiartini
  • I Gede Sudirtha
  • Cok Istri Raka Marsiti

Abstract

Pengabdian pada Masyarakat (P2M) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penyusunan asesmen autentik pada guru-guru pengajar mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Gerung Lombok Barat. Pelatihan ini diberikan untuk meningkatkan SDM dan kreativitas guru dalam menyusun instrumen penilaian. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi langsung dipraktekkan oleh peserta, dan tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan pengetahuan secara umum tentang asesmen autentik,  yaitu meliputi cara penyusunan asesmen autentik, penyusunan rubrik dan penskoran asesmen autentik. Demonstrasi digunakan untuk memberikan keterampilan langsung mengenai penyusunan asesmen autentik. Tanya jawab digunakan untuk melengkapi hal-hal yang belum terakomodasi oleh kedua metode di atas. Pelatihan ini melibatkan dosen Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga  yang bekerja sama dengan guru-guru yang mengajar mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Gerung sebagai subyek sasaran. Hasil pelatihan penyusunan asesmen autentik ini dinyatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari: (1) kehadiran peserta sesuai dengan target yaitu 90% (27 dari 30 orang guru),  (2) hasil pelatihan dinyatakan sangat baik sesuai dengan analisis rubrik penilaian asesmen autentik, dan  (3) peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang dilihat dari keseriusan mengikuti pelatihan dan terwujudnya asesmen autentik beserta rubrik penilaiannya

Published
2019-04-27
How to Cite
WIDIARTINI, Ni Ketut; SUDIRTHA, I Gede; RAKA MARSITI, Cok Istri. Pelatihan Penyusunan Asesmen Autentik Kurikulum 2013 pada Guru-Guru Pengampu Mata Pelajaran Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 3, apr. 2019. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1311>. Date accessed: 23 july 2019.
Section
Articles