Pembelajaran Adaptif Berlandaskan Asesmen Otentik di Era Big Data

  • I.N Sukajaya

Abstract

Teknologi pembelajaran adaptif yang di gadang-
gadang memiliki kelebihan dalam hal personalisasi pembela-
jaran tidak terlepas dari tahapan umum pembelajaran yang
me--liputi perencanaan, pengajaran dan penilaian. Tanpa
bermaksud mengabaikan tahapan perencanaan dan
pengajaran, tahapan pe-nilaian memegang peran kunci untuk
diperoleh nya dasar dalam menyusun perencanaan dan
melaksanakan pembelajaran. Peni-laian tentu tidak dapat
dilakukan secara parsial dengan menilai aspek tertentu saja
dan mengabaikan aspek lain dan hanya dila-kukan di akhir dari
keseluruhan pembelajaran. Penilaian dilaku-kan secara
berkelanjutan dan melibatkan sebanyak-banyaknya aspek
yang mewakili individu pembelajar. Selain itu penilaian juga
dilakukan secara berkelanjutan sehingga luaran yang
dihasilkan dari tahapan penilaian dapat digunakan dini untuk
menangkal kemungkinan penyimpangan pencapaian tujuan
pembelajaran, serta melakukan perbaikan pengelolaan kelas
sesuai kebutuhan. Penyesuaian pembelajaran yang dilandasi
penilaian otentik serta menerapkan teknik analisis yang tepat
tentu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam
paper ini dibahas teknologi Big Data, analisis yang tersedia
dalam melakukan analisis di Big Data, serta bagaimana
teknologi pem-belajaran adaptif berpotensi kualitas nya
meningkat dengan adanya dukungan Big Data.

Published
2017-09-09
How to Cite
SUKAJAYA, I.N. Pembelajaran Adaptif Berlandaskan Asesmen Otentik di Era Big Data. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), [S.l.], n. 7, sep. 2017. ISSN 2548-4265. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senapati/article/view/1137>. Date accessed: 16 nov. 2018.