Pengembangan Evaluasi dan Penugasan Online Berbasis E-Learning dengan Moodle pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer

  • Siti Husnul Bariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan evaluasi online menggunakan Moodle untuk sistem e-learning di Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer pada STKIP Garut pada tahun akademik 2016/2017. Evaluasi dilakukan oleh dosen sebelum pekan UTS dan UAS dengan menugaskan siswa dengan tugas terstruktur, tugas individu dan akademik lainnya untuk mendukung nilai akhir siswa dalam satu semester. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R & D) sebagai metodologi penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah produk baru Model Pembelajaran berbasis yang dapat diakses di http://elearningpti.gnomio.com. Berdasarkan validasi pakar, rata-rata penyajian untuk kategori pengembangan perangkat lunak adalah 90,42% dan inovasi pada kategori pendidikan sebesar 92,22%. Berdasarkan hasil validasi pengguna, 85% siswa menyatakan bahwa produk baru tersebut sangat baik dan 15% menyatakan bahwa produk baru ini cukup untuk mendukung proses pembelajaran selama satu semester, terutama dalam fungsi evaluasi dan penugasan.

How to Cite
BARIAH, Siti Husnul. Pengembangan Evaluasi dan Penugasan Online Berbasis E-Learning dengan Moodle pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), [S.l.], n. 7, nov. 2018. ISSN 2548-4265. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senapati/article/view/1152>. Date accessed: 16 nov. 2018.