Pengaruh Seleksi Fitur Terhadap Hasil Klasifikasi Fase Plasmodium vivax Pada Citra Mikroskopis Digital Sediaan Darah Tipis

  • I Md. Dendi Maysanjaya
  • Md. Satria Wibawa
  • I Md. Agus Wirahadi Putra

Abstract

Paramedis mendiagnosa penyakit malaria dengan mengamati parasit Plasmodium pada sediaan darah tebal dan tipis, yang dibantu dengan menggunakan mikroskop. Namun, terkadang masih terdapat kekeliruan diagnosis yang disebabkan faktor manusia. Oleh karenanya dikembangkanlah metode diagnosis malaria berbasis pengolahan citra digital, guna meminimalisir kesalahan diagnosis. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menawarkan suatu skema atau metode untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi fase parasit Plasmodium vivax (P.vivax) pada citra mikroskopis digital sediaan darah tipis. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah menerapkan metode seleksi fitur untuk memperoleh fitur-fitur yang relevan, sehingga bisa meningkatkan hasil klasifikasi fase P.vivax. Metode seleksi fitur yang diuji adalah CFS dan Wrapper. Proses klasifikasi menggunakan Naïve Bayes. Pengujian dilakukan terhadap 30 citra sediaan darah tipis parasit P.vivax, yang terbagi menjadi 10 fase troposoit, 10 fase skizon, dan 10 fase gametosit. Berdasarkan hasil pengujian, klasifikasi menggunakan fitur gabungan (fitur bentuk dan tekstur) menghasilkan akurasi, sensitivitas, dan spesifisitas berturut-turut 97,29%, 97,30%, dan 97,30%. Untuk metode Wrapper dengan enam fitur hasil seleksi (perimeter, convexity, mean of intensity, ASM, contrast_GLCM, entropy_GLCM), mampu menghasilkan akurasi 97,29%, sensitivitas 97,30%, dan spesifisitas 97,30%, sementara CFS kurang mampu memberikan hasil klasifikasi yang baik, yakni akurasi 93,15%, sensitivitas 93,20%, dan spesifisitas 93,20%. Meskipun hasil klasifikasi Wrapper sama dengan hasil fitur gabungan, namun dengan fitur yang relatif sedikit, metode Wrapper mampu menghasilkan klasifikasi yang lebih baik. Hasil ini menunjukkan bahwa metode seleksi fitur berpengaruh terhadap hasil klasifikasi, yang nantinya bisa dikembangkan untuk membantu paramedis mendiagnosa fase P.vivax.

Published
2017-09-09
How to Cite
MAYSANJAYA, I Md. Dendi; WIBAWA, Md. Satria; PUTRA, I Md. Agus Wirahadi. Pengaruh Seleksi Fitur Terhadap Hasil Klasifikasi Fase Plasmodium vivax Pada Citra Mikroskopis Digital Sediaan Darah Tipis. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), [S.l.], n. 7, sep. 2017. ISSN 2548-4265. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senapati/article/view/1157>. Date accessed: 16 nov. 2018.