Uji Coba Rancangan Model CSE-UCLA Yang Dimodifikasi Dengan Metode Weighted Product dan Validasi Instrumen Evaluasi Layanan Perpustakaan Digital Pada Perguruan Tinggi Komputer di Bali

  • Dewa Gede Hendra Divayana
  • Agus Adiarta
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh
informasi tentang hasil uji coba rancangan model CSE-UCLA
yang dimodifikasi dengan metode Weighted Product dan hasil
validasi isi instrumen evaluasi, sehingga menghasilkan instrumen
yang valid dan rancangan model evaluasi yang tepat digunakan
untuk mengevaluasi layanan perpustakaan digital pada
perguruan tinggi, khususnya bidang komputer di Bali. Formula
yang digunakan untuk memvalidasi isi intrumen dalam penelitian
ini yaitu Indeks Validasi Aiken. Sedangkan dalam melakukan
pengujian terhadap rancangan model CSE-UCLA yang
dimodifikasi dengan metode Weighted Product menggunakan
perhitungan deskriptif persentase. Dalam validasi isi intrumen
dan uji coba rancangan model evaluasi ini melibatkan 4 pakar
yaitu 2 pakar pendidikan dan 2 pakar teknik informatika. Waktu
yang dibutuhkan dalam uji validasi isi instrumen adalah 31 hari,
sedangkan waktu yang dibutuhkan dalam uji coba rancangan
model adalah 31 hari. Hasil dari penelitian ini, diperoleh bahwa
ada 71 butir instrumen yang valid dari 75 butir yang bersumber
dari 26 aspek evaluasi, disamping itu diperoleh hasil persentase
sebesar 92,86% dari uji coba yang dilakukan terhadap rancangan
model evaluasi CSE-UCLA yang dimodifikasi dengan Weighted
Product, sehinggga termasuk kategori sangat baik.

Published
2017-09-09
How to Cite
DIVAYANA, Dewa Gede Hendra; ADIARTA, Agus; ABADI, Ida Bagus Gede Surya. Uji Coba Rancangan Model CSE-UCLA Yang Dimodifikasi Dengan Metode Weighted Product dan Validasi Instrumen Evaluasi Layanan Perpustakaan Digital Pada Perguruan Tinggi Komputer di Bali. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), [S.l.], n. 7, sep. 2017. ISSN 2548-4265. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senapati/article/view/1169>. Date accessed: 16 nov. 2018.