Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo

  • Noni Agustina
  • Ratnawati Susanto

Abstract

Pendidikan yang berkualitas tidak terlepas dari
peranan guru dalam proses pembelajaran. Guru yang profesional
akan menciptakan generasi masa depan yang memiliki sikap,
pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas. Untuk
membentuk guru yang profesional diperlukan usaha-usaha untuk
mengembangkan profesionalismenya. Salah satu usaha yang
dapat dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan yang dapat
meningkatkan kompetensi. Di zaman sekarang, guru dituntut
untuk memiliki kecakapan digital (digital literacy). Oleh karena
itu, guru harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam
pembelajaran. Untuk memfasilitasi hal tersebut, SEAMOLEC
memberikan kesempatan kepada guru di wilayah Indonesia untuk
mengikuti pelatihan Edmodo yang dapat meningkatkan
kemampuan profesionalisme guru. Pelatihan ini dilakukan
secara daring sehingga tidak menggangu aktivitas mengajar guru
di sekolah. Penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengali
dan menggambarkan persepsi guru mengenai pelatihan media
pembelajaran yang berbasis Edmodo. Metodologi yang digunakan
adalah desktiptif qualitative dengan jumlah sampelnya sebanyak
13 guru yang terdiri dari guru SMP, SMA dan SMK yang tersebar
di beberapa provinsi di wilayah Indonesia. Untuk
menggumpulkan data menggunakan angket secara online dan
dokumen analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwag guru
memiliki persepsi yang positif terhadap pengembangan
profesonalisme melalui pelatihan Edmodo karena mereka dapat
meningkatkan kompetensi mereka dalam menggunakan Edmodo
dalam proses pembelajaran. Selain itu, proses pembelajaran
menggunakan Edmodo memberikan manfaat kepada siswa
karena hampir sebagian besar siswa senang dan termotivasi
dalam belajar.

Published
2017-09-09
How to Cite
AGUSTINA, Noni; SUSANTO, Ratnawati. Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), [S.l.], n. 7, sep. 2017. ISSN 2548-4265. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senapati/article/view/1171>. Date accessed: 16 nov. 2018.