Students’ Voice on Plagiarism in EFL Academic Writing

  • Anak Agung Putri Maharani English Education Study Program, Mahasaraswati Denpasar University, Denpasar, Indonesia

Abstract

Melalui penelitian ini, tipe plagiarisme dan penyebabnya disajikan dengan seksama. Ada 108 mahasiswa semester 5 yang mengambil mata kuliah writing IV diinvestigasi dan dipilih untuk menjadi sumber data. Untuk mengumpulkan data, kuesioner tertutup, wawancara dan FGD (Focus Group Discussion) diterapkan. Data penelitian yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan Model Interaktif yang terdiri dari empat langkah yaitu pengumpulan data, penyaringan data, penampilan data, dan pembuatan kesimpulan/verifikasi. Dua temuan penting ditemukan. Pertama, ada beragam frekuensi dan persentase untuk melakukan jenis plagiarisme tertentu, dan kedua, ada 5 poin sebagai alasan plagiarisme: a) kurangnya perhatian terhadap apa itu plagiarisme, b) hukuman melakukan plagiarisme hanyalah sekadar wacana, c) harapan yang tinggi terhadap beragam tugas yang diberikan, d) internet, dan e) plagiarisme dianggap sebagai tindakan yang lumbrah.

Published
2017-11-18
How to Cite
MAHARANI, Anak Agung Putri. Students’ Voice on Plagiarism in EFL Academic Writing. Proceeding SENARI, [S.l.], v. 5, p. 399-404, nov. 2017. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1120>. Date accessed: 23 june 2018.
Section
Articles