Membangun Spirit Investigasi dan Kendalanya

  • I.B.N. Sudria Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji harapan dan kendala membangun spirit investigasi dalam belajar sains. Analisis ini muncul setelah berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran saintifik (PBS) secara taat asas dan konsisten mengikuti pendekatan saintifik sesuai Kurikulum 2013, serta menemukan strategi penerapannya di sekolah melalui penelitian tindakan kelas. PBS menerapkan lembar kerja siswa (LKS) dengan strategi yang melibatkan fenomena pengantar agar investigasi oleh siswa cendrung berhasil, tugas pra-pembelajaran dalam bentuk draf rancangan investigasi, aktivitas investigasi olek kelompok-kelompok kecil selama alokasi waktu tatap muka di kelas, dan pemberian tugas pasca pembelajaran berupa soal pemahaman dan pengayaan konsep.  Observasi suasana pembelajaran dan perekaman dilakukan terhadap pendapat siswa terhadap implemnetasi PBS. Hasil menunjukkan bahwa (1) sekolah memberlakukan kebijakan full day schooling (FDS) dengan membebaskan siswa dari tugas pekerjaan rumah, tetapi tidak menyediakan alokasi waktu khusus di sekolah untuk pengerjaan tugas-tugas terstruktur dan mandiri sesuai dengan sistem kredit semester yang diikuti sekolah, (2) siswa mengakui bahwa strategi PBS dibutuhkan dalam belajar sains, tetapi mereka merasa keberatan diberi tugas karena kebijakan full day schooling (FDS) yang membebaskannya dari tugas rumah. Ketidakharmonsisan suasana penyelenggaran, terutama pengurangan alokasi waktu dan kesempatan siswa untuk melakukan persiapan dan/atau pengayaan sendiri dalam membangun pengetahuan (konsepsi) melemahkan implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan menyulitkan membangun spirit investigasi yang memfasilitasi keterampilan proses sains.

Published
2018-11-15
How to Cite
SUDRIA, I.B.N.. Membangun Spirit Investigasi dan Kendalanya. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 36-42, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1539>. Date accessed: 19 aug. 2019.
Section
Articles