Implementasi Metode Peer Learning Dengan Media Postcard untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa

  • Ni Made Wersi Murtini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Kemampuan menulis seseorang perlu dilatih dan diasah setiap waktu karena kemampuan menulis merupakan sebuah keterampilan yang akan menjadi lebih baik jika sering dilatih. Namun kebanyakan siswa tidak tertarik untuk menulis dikarenakan teknik pembelajaran yang tidak menarik. Hal ini terjadi pada siswa kelas VIII Bilingual di SMP (SLUB) Saraswati Denpasar. Kurangnya kemampuan siswa dapat dilihat dari hasil pre-test sehingga peneliti melanjutkan penelitian ini dengan menerapkan teknik Peer Learning dengan media Postcard. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan instrument penelitian yang terdiri dari pre-tes, post-tes dan kuesioner. Hasil pre-tes menyatakan kemampuan siswa dalam menulis masih sangat kurang, sehingga siklus 1 dilakukan dengan mengajar menulis dengan mengimplementasikan teknik Peer Learning dengan media Postcard. Setelah post tes 1 dilaksanakan, diketahui bahwa kemampuan siswa meningkat namun belum 80% siswa mencapai nilai KKM yaitu 77. Siklus 2 pun dilaksanakan, dan post tes 2 menyatakan bahwa 80% siswa dapat mencapai KKM.

Published
2018-11-15
How to Cite
WERSI MURTINI, Ni Made. Implementasi Metode Peer Learning Dengan Media Postcard untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 58-63, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1543>. Date accessed: 17 feb. 2019.
Section
Articles