Pengaruh Penerapan Pembelajaran Reciprocal Terhadap Partisipasi Belajar dan Pemahaman Membaca Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha

  • P.A.K. Juniarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan partisipasi belajar dan pemahaman membaca antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan reciprocal teaching dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dalam matakuliah critical reading. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 4 jurusan  Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha yang mengikuti matakuliah critical reading yaitu sebanyak 215 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data hasil lembar observasi partisipasi dan tes prestasi belajar matematika dianalisis menggunakan Uji-t dan MANOVA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan partisipasi dan pemahaman membaca pada kedua kelas sampel. Lebih lanjut, diperoleh bahwa: (1) partisipasi belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan reciprocal teaching lebih baik daripada mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (2) pemahaman membaca mahasiswa yang dibelajarkan dengan reciprocal teaching lebih baik daripada mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) partisipasi dan pemahaman membaca mahasiswa yang dibelajarkan dengan reciprocal teaching mempunyai perbedaan dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa reciprocal teaching berpengaruh positif terhadap partisipasi dan pemahaman membaca mahasiswa.

Author Biography

P.A.K. Juniarta

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Published
2018-11-15
How to Cite
JUNIARTA, P.A.K.. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Reciprocal Terhadap Partisipasi Belajar dan Pemahaman Membaca Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 64-71, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1544>. Date accessed: 17 feb. 2019.
Section
Articles