Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Permulaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Strategi Enjoyable Learning Berbantuan Media Audio Visual

  • Gede Wira Bayu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNDIKSHA
  • Luh Gede Eka Wahyuni Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNDIKSHA

Abstract

Penelitian ini didasari atas rendahnya minat belajar Bahasa Inggris disekolah dasar khususnya setelah implementasi kurikulum 2013 dimana waktu pembelajaran bahasa inggris jauh berkurang dari 4 jam pelajaran seminggu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi hanya 2 jam pelajaran seminggu pada kurikulum 2013. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dianggap penting untuk menerapkan Strategi Enjoyable Learning berbantuan Media Audio Visual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 2 di 8 sekolah dasar yang baru menerapkan kurikulum 2013 pada tahun pembelajaran 2018/2019 di kecamatan Buleleng. Data pada penelitian ini didapatkan dengan metode wawancara dan catatan lapangan. Dengan teknik random sampling subjek penelitian ini dipilih yaitu siswa kelas 2 di SD N 5 Banyuning yang berjumlah 27 siswa sebagai kelompok kontrol, dan siswa kelas 2 di SD N 2 Banjar Tegal yang berjumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen. Pada wawancara awal diperoleh hasil bahwa (1) hanya 8% siswa yang pernah belajar Bahasa Inggris sebelumnya, (2) 28% siswa mau belajar Bahasa Inggris dan 72% siswa tidak mau belajar Bahasa Inggris, (3) 12% siswa mau menjawab pertanyaan Bahasa Inggris ke depan kelas dan 88% siswa tidak mau menjawab pertanyaan Bahasa Inggris kedepan kelas, (4) 42% siswa mau diberikan PR (Pekerjaan Rumah) Bahasa Inggris sedangkan 58% tidak mau diberikan PR. Kemudian dilakukan perlakuan dengan implementasi strategi Enjoyable Learning berbantuan Media Audio Visual di kelompok eksperimen sebanyak 7 kali perlakuan. Pada wawancara akhir dan hasil pencatatan lapangan didapatkan hasil sebagai berikut: (1) 100% siswa mau belajar Bahasa Inggris, (2) 85% siswa mau menjawab soal Bahasa Inggris dan 15% lainnya sudah tertarik tetapi belum mau maju kedepan kelas, (3) 100% siswa mau diberikan PR Bahasa Inggris dan mengerjakannya dirumah dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Starategi Enjoyable Learning Berbantuan Media Audio Visual mampu meningkatkan minat siswa untuk belajar Bahasa Inggris Pemulaan di sekolah dasar.  

Published
2018-11-15
How to Cite
WIRA BAYU, Gede; EKA WAHYUNI, Luh Gede. Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Permulaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Strategi Enjoyable Learning Berbantuan Media Audio Visual. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 72-76, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1545>. Date accessed: 17 feb. 2019.
Section
Articles