Pengaruh Kondisi Ekonomi dan Aktivitas di Daerah Asal Terhadap Intensitas Mobilitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Undiksha

  • I Made Sarmita Jurusan Pendidikan Geografi, Undiksha

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi ekonomi dan aktivitas mahasiswa di daerah asal terhadap intensitas mobilitas yang dilakukan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan rancangan sensus/populasi dari seluruh mahasiswa jurusan pendidikan geografi yang saat penelitian dilakukan masih tercatat aktif sebagai mahasiswa. Analisis data dilakukan secara terpisah, menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan mempertimbangkan skala data penelitian yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi tidak memiliki pengaruh terhadap intensitas mobilitas mahasiswa untuk kembali ke daerah asal, dengan nilai F sebesar 2,132 (F hitung < F tabel sebesar 3,98) dan hanya signifikan pada taraf 0,149. Begitu pula aktivitas mahasiswa di daerah asal tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap intensitas mobilitas yang dilakukan untuk kembali ke daerah asal, dengan nilai F sebesar 0,129 (F hitung < F tabel sebesar 3,98) dan hanya signifikan pada taraf 0,720.

Published
2018-11-15
How to Cite
SARMITA, I Made. Pengaruh Kondisi Ekonomi dan Aktivitas di Daerah Asal Terhadap Intensitas Mobilitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Undiksha. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 85-91, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1547>. Date accessed: 20 june 2019.
Section
Articles