Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Membaca dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha

  • Gede Mahendrayana Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan GaneshaSingaraja, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan partisipasi belajar dan pemahaman membaca antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan reciprocal teaching dan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Group Design. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 jurusan  Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha berjumlah 235 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data hasil lembar observasi partisipasi dan tes prestasi belajar membaca dianalisis menggunakan Uji-t dan MANOVA. Hasilnya diperoleh bahwa: (1) partisipasi belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan reciprocal teaching lebih baik daripada yang dibelajarkan dengan strategi konvensional (2) pemahaman membaca mahasiswa yang dibelajarkan dengan reciprocal teaching lebih baik daripada yang dibelajarkan dengan strategi konvensional, dan (3) partisipasi dan pemahaman membaca mahasiswa yang dibelajarkan dengan reciprocal teaching mempunyai perbedaan dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa reciprocal teaching berpengaruh positif terhadap partisipasi dan pemahaman membaca mahasiswa.

Published
2018-11-15
How to Cite
MAHENDRAYANA, Gede. Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Membaca dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 111-118, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1551>. Date accessed: 19 apr. 2019.
Section
Articles