Evaluasi Kualitas Pelayanan Kepada Wisatawan Saat Terjadi Letusan Gunung Agung Di Bali Di Tahun 2017

  • Putu Indah Rahmawati Jurusan Perhotelan, Fakultas Ekonomi, UNDIKSHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan kepada wisatawan saat terjadi letusan gunung agung di Bali di tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data di kumpulkan melalui wawancara dengan manager hotel dan pelaku pariwisata di Bali serta dengan menggunakan content analysis. Sampel penelitian ini ditetapkan dengan purposive sampling. Hasil menunjukkan bahwa Pemerintah sudah memberikan pelayanan kepada wisatawan berupa service desk dan transport menuju ke bandara terdekat. Namun masih banyak terdapat keluhan. Ada beberapa pelayanan yang perlu di tingkatkan. Pemerintah dan stakeholder pariwisata lainnya perlu melakukan koordinasi untuk mendesain strategi penanganan bencana dalam rangka membangun ketahanan stakeholder pariwisata Bali dalam menghadapi krisis.

Published
2018-11-15
How to Cite
INDAH RAHMAWATI, Putu. Evaluasi Kualitas Pelayanan Kepada Wisatawan Saat Terjadi Letusan Gunung Agung Di Bali Di Tahun 2017. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 210-215, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1566>. Date accessed: 19 aug. 2019.
Section
Articles