Pengaruh Inovasi Media Pembelajaran Loud Ball Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

  • Ega Trisna Rahayu 1Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi pengaruh inovasi media pembelajaran Loud Ball dalam Pendidikan Jasmani terhadap minat belajar siswa Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan esain The Randomized Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Klari. Dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu VII A dengan jumlah siswa 40 dan kelas VII B dengan jumlah kelas siswa 40. Terdapat tiga tahap pada penelitian ini, pretest dilakukan pada kedua kelas untuk mengetahui kemampuan awal terhadap minat belajar siswa, treatment menggunakan inovasi media pembelajaran Loud Ball dilakukan sebanyak delapan kali pertemuan pada kelas eksperimen, sedangkan di kelas kontrol menggunakan media pembelajaran bola konvensional, berikutnya posttest dilakukan pada kedua kelas. Analysis of Covarian (ANCOVA) digunakan untuk menganalisis data.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: a). Penerapan inovasi media pembelajaran Loud Ball dalam Pendidikan Jasmani berpengaruh terhadap minat belajar siswa. b). Penerapan media pembelajaran bola konvensional dalam Pendidikan Jasmani berpengaruh terhadap minat belajar siswa. c). Penerapan inovasi media pembelajaran Loud Ball menunjukan perbedaan pengaruh dengan pengaruh yang lebih efektif dari media pembelajaran bola konvensional dalam Pendidikan Jasmani terhadap minat belajar siswa.

Published
2018-11-15
How to Cite
TRISNA RAHAYU, Ega. Pengaruh Inovasi Media Pembelajaran Loud Ball Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 216-223, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1567>. Date accessed: 17 feb. 2019.
Section
Articles