Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar IPA di SMP

  • Ni Ketut Rapi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha

Abstract

Permasalahan-permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut. 1) Apakah terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang difasilitasi dengan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dan PBK, dan  yang difasilitasi dengan perangkat  pembelajaran konvensional? 2) Apakah terdapat perbedaan keterampilan proses antara siswa yang difasilitasi dengan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri, dan  yang difasilitasi dengan perangkat  pembelajaran konvensional? 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA  antara siswa yang difasilitasi dengan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri, dan siswa yang difasilitasi dengan perangkat pembelajaran konvensional? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri  untuk meningkatkan keterampilan proses IPA, sikap ilmiah, dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development) karena tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengembangkan perangkat pembelajarannya yang valid, layak, dan efektif sesuai dengan kondisi dan kebutuhan nyata di lapangan. Pendekatan ini memiliki sepuluh langkah, namun dalam penelitian ini kesepuluh langkah tersebut dimodifikasi menjadi lima langkah, yaitu studi pendahuluan (need asessmen), pembuatan prototipe model, validasi, uji coba, dan pelaporan. Penelitian tahun kedua, bertujuan untuk mengujicobakan  prototipe perangkat pembelajaran yang dilakukan dengan uji eksperimen dengan desain posttest only Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian  semua siswa kelas VII SMP Negeri  6 Singaraja pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, sebanyak 331 siswa. Pengambilan sampel  dilakukan dengan teknik random kelas, jumlah sampel 64 siswa.  Instrumen pengumpulan data menggunakan tes bentuk objektif, pedoman observasi keterampilan proses, kuesioner, dan petugasan. Uji keefektifan  perangkat pembelajaran yang dikembangkan dianalisis secara deskriptif dan Analisis Varian Multivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)  terdapat perbedaan keterampilan proses IPA antara siswa yang difasilitasi dengan  perangkat pembelajaran   inkuiri  dan yang difasilitasi perangkat  pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang difasilitasi dengan  perangkat pembelajaran   inkuiri  dan yang difasilitasi perangkat  pembelajaran konvensional, dan  3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang difasilitasi dengan  perangkat pembelajaran   inkuiri  dan yang difasilitasi perangkat  pembelajaran konvensional.

Published
2018-11-15
How to Cite
RAPI, Ni Ketut. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar IPA di SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 224-231, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1568>. Date accessed: 17 feb. 2019.
Section
Articles