Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Prososial Siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan

  • Andris Noya Program Studi Pastoral Konseling Fakultas Ilmu Sosial Keagamaan IAKN Ambon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku prososial siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 9 Halmahera Selatan yang berjumlah 171 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket dan wawancara. Tiga angket yang disebarkan yakni angket kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, dan perilaku prososial. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda melalui program SPSS windows versi 22,0. Melalui analisis regresi diperoleh hasil bahwa kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku prososial siswa (R2=0.587, Fhitung = 119, 340; pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05). 

Published
2018-11-15
How to Cite
NOYA, Andris. Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Prososial Siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 243-249, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1571>. Date accessed: 19 apr. 2019.
Section
Articles