Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Sekolah Dasar di Bali

  • Dewa Bagus Sanjaya Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FHIS UNDIKSHA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SD di Bali, (2) Menganalisisnilai karakter berbasis kearifan lokal dalampembelajaran PKn-SD di Bali.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa yang ditentukan secara secara purposive. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan  langkah-langkah sebagai berikut: (1) reduksi data, (2) display data, (3) interpretasi data, (4) verifikasi data,  dan (5) penarikan simpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn-SD pada dasarnya telah merujuk pada program semester, program tahunan, silabus, dan RPP yang dipegang oleh guru. Namun, dalam proses pembelajaran para guru masih menekankan pada aspek kognitif, belum banyak menyentuh aspek afektif sesuai dengan karakter PKn itu sendiri. Pengembangan perangkat pembelajarannyabelum dianalisis secara mendalam berdasarkan kompetensi dasar (KD). Dalam pembelajaran PKn belum banyak mengintegrasikan nilai karakter sepertiTri Hita Karana, satua, dan lain-lain.

Published
2018-11-15
How to Cite
BAGUS SANJAYA, Dewa. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Sekolah Dasar di Bali. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 267-273, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1575>. Date accessed: 20 june 2019.
Section
Articles